Sejarah Awal Terbentuknya SUPER JUNIOR

Super Junior (슈퍼주니어) atau SuJu (슈주) atau SJ, adalah sebuah grup boyband skala besar terkenal yang berasal dari Seoul, Korea Selatan. Mereka berada di bawah naungan SM Entertainment.

Gambar

Kalo bicara tentang Super Junior, pasti ga bakal ada habisnya.
Kita mulai sejarah singkatnya aja yah.
Udah tau dong kalo dulunya semua member Suju itu adalah para Trainee SME, mereka direkrut jadi Trainee melalui berbagai event. Leeteuk dan Eunhyuk, direkrut melalui SM’s Starlight Casting System di Seoul (2000). Pada tahun 2001, melalui audisi global yang diadakan di Beijing, Han Geng terpilih mengalahkab 3ribu peminat saat itu. Yesung terpilih melalui Seoul’s Casting System. Sungmin dan Donghae teprilih menjadi Trainee setelah tampil di kontes yang disponsori SME. Kangin dan Heechul direkrut barengan dengan Kibum. Siwon direkrut saat casting pada tahun 2003, dan Ryeowook tahun 2004. Shindong terpilih pada tahun 2005.

Awalnya Suju itu direncanakan ada 12 orang, yaitu Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Junyoung, dan Kibum. Namun, sebelum debutnya, Junyoung keluar (alasannya ga tau juga si,,, hehehe) dan digantikan oleh Ryeowook.

Menurut rencana (ga jelas rencana siapa), Suju itu make konsep rotasi kaya’ Morning Musume. Jadi member yang lama diganti yang baru supaya grupnya tetap fresh. Dan awalnya banyak yang memprediksi kalo nama grup ini adalah OVER (Obey The Voice for Each Rhythm). Tapi konsep nama diganti jadi Super Junior. Setelah ngeliat bakat-bakat para member saat piknik bersama SME dan ngeliat dari jumlah membernya, muncul ide nama Super. Nama Junior berasal dari usia para member yang masih muda ketika bergabung dengan SME sebagai Trainee.

Mereka mengeluarkan album pertama (TWINS, 2005) dengan nama Super Junior 05, sebagai generasi pertama Super Junior.Untuk generasi baru, Super Junior 06, kabarnya SME sudah menyiapkan daftar member yang bakalan keluar dari Super Junior. Namun yang terjadi, SME malah menambahkan satu member lagi, dan konsep rotasi untuk Suju dibatalkan. Dengan bergabungnya Kyuhyun sebagai member ke-13, nama band resmi menjadi Super Junior, tanpa embel-embel 05 atau 06 dan seterusnya. (^_^!)
Selanjutnya, Suju comeback dengan single U, yang membawa mereka meraih penghargaan Best New Group 2006. Kedatangan Kyuhyun seperti membawa miracle buat Suju yah,,,hehehe…

Setelah sukses dengan U, mereka mengeluarkan album kedua, Don’t Don, yang juga sukses dan meraih banyak penghargaan, salah satunya Best Artist of The Year 2007.

Vakum beberapa saat dari kegiatan bikin album, Suju lebih banyak tampil di reality show. Beberapa reality show Suju adalah Super Junior Show, Explore The Human Body, dan Super Junior Full House. Mereka juga sempat membintangi sebuah film Attack on The Pin Up Boys. Semua member muncul di film ini, kecuali Kyuhyun yang saat ini masih pada masa penyembuhan pasca kecelakaan. Leeteuk yang juga belum terlalu sembuh sebenarnya tidak muncul di film ini, namun di hari terakhir shooting, Leeteuk ingin sekali ikut dan akhirnya berhasil muncul di ending film selama beberapa detik. hahahaha…


Nah, Album ketiga Super Junior, Sorry Sorry, dirilis pada 12 Maret 2009. Sorry Sorry adalah album pertama mereka yang mendapat # 1 pada Hanteo Charts. Dari Maret-Mei, Sorry Sorry mengumpulkan total sepuluh # 1 dengan kemenangan berturut-turut di Korea. Sorry Sorry juga menjadi album terlaris di beberapa negara lainnya. Sayangnya selama promosi Sorry Sorry, Kibum jarang sekali ikut serta bersama member Suju lainnya dikarenakan kesibukannya mendalami karir akting. Kibum hanya tampil beberapa kali di MV Sorry Sorry.

13 Mei 2010, Suju kembali mengeluarkan album, Bonamana. Kali ini hanya ada 10 member yang aktif dalam promosi album.

Kibum masih sibuk mendalami karir aktingnya, namun Kibum mengeluarkan statement bahwa dia tidak keluar dari Super Junior. Kangin, setelah dua kasus yang agak sedikit mencemarkan namanya (berkelahi di club dan tabrak), ia di skors dari kegiatan Super Junior. Selanjutnya Kangin memutuskan menjalani Wajib Militernya lebih awal. Dan sampai sekarang Kangin masih berada di Camp Wajib Militer. Dan yang paling bikin sesak napas, adalah masalah kontrak Han Geng. Member asal Cina ini menuntut kontraknya di batalkan. Dia ingin keluar dari Super Junior dengan mengangkat masalah kontrak perbudakan (kontrak yang tidak adil) di SME saat sidang pengadilannya di Korea beberapa saat lalu. Dan sekarang Han Geng resmi bukan member Super Junior lagi. Han Geng juga sudah kembali ke Cina dan telah mengeluarkan album nya sendiri. Kapan-kapan saya akan bahas secara lebih rinci tentang kasus-kasus yang ada di Super Junior.

Dan Setelah Bonamana, Suju mengeluarkan single No Other. MV nya aseeeek, nyatakan cintamu oppa-oppa…!! hahahaha

Segitu aja dulu ya, tentang Sejarah Super Junior, cape’ ngetik nih…
Annyeong…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s